Selama datang di Website Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Website ini dilengkapi Akses difabel silahkan blok tulisanya dan klik ikon untuk mendengakan   Click to listen highlighted text! Selama datang di Website Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Website ini dilengkapi Akses difabel silahkan blok tulisanya dan klik ikon untuk mendengakan Powered By GSpeech
w3c
Bahasa
Logo Pengadilan Negeri Tanah Grogot Kelas II

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanah Grogot Kelas II

Jln. Jenderal Sudirman No. 19 Tanah Grogot, Kalimantan Timur, Kode Pos 76211

Telp. (0543) 21012, 21155 E-mail : pn_tanahgrogot@yahoo.com

SIPPSIWASDelegasiPerpustakaan


Logo Artikel

GUGATAN PRAPERADILAN AZ DITOLAK HAKIM PN TANAH GROGOT

Info Perkara

Gugatan Praperadilan AZ Ditolak Hakim PN Tanah Grogot

TANA PASER - Usai sudah perjuangan penasihat hukum (PH) tersangka AZ di Pengadilan Negeri (PN) Tanah Grogot membela kliennya. Gugatan praperadilan yang diajukan terkait proses penetapan tersangka AZ oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Paser, ditolak oleh hakim PN Tanah Grogot. Hakim tunggal Romi Hardhika yang memimpin perkara ini selama sepekan dan beberapa kali sidang,  menyatakan bahwa penetapan tersangka oleh Kejari Paser oleh AZ telah sah, dan bukan tindakan sewenang-wenang.

"Penetapan tersangka tersebut tidak bertentangan dengan hak asasi manusia," ujar Romi, Senin (20/7) pukul 10.00 WITA di ruang sidang Muchtar Kusumaatmadja.

Sebelumnya AZ melalui kuasa hukumnya yaitu Herman Setiawan, mengajukan permohonan praperadilan terkait dengan tidak sahnya penetapan AZ sebagai tersangka oleh Kejari Paser atas dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) yang diduga melanggar Pasal 12 huruf i Undang Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 Jo. Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tipikor (UU Tipikor). Namun Herman Setiawan tidak hadir dalam pembacaan putusan ini.

AZ melalui PH, telah mengajukan permohonan dengan dalil-dalil, diantaranya adalah penetapan sebagai tersangka oleh Kejari Paser tidak cukup bukti, dan penetapan sebagai tersangka merupakan tindakan sewenang-wenang dan bertentangan dengan hak asasi manusia.

Pasca ditolaknya gugatan ini, kini tinggal pelimpahan berkas hasil penyidikan oleh jaksa untuk dilanjutkan ke PN Tipikor Samarinda. Saat ini AZ masih ditahan di Rutan Klas IIB Tanah Grogot.

AZ merupakan tersangka dugaan kasus pekerjaan infrastruktur fisik dari 2010 sampai 2012. Di mana ada dugaan potensi kerugian negara untuk proyek Jembatan di Desa Legai, Kecamatan Batu Sopang. Total proyek tersebut selama 3 tahun nilainya sekitar Rp 10 miliar. Dalam kasus ini AZ menjabat sebagai Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU) Paser pada saat itu. Sebelum ditetapkan tersangka, AZ menjabat sebagai kepala Diskominfo Paser atau eselon II b.

 

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN NEGERI TANAH GROGOT ******** UNTUK MENELUSURI PERKARA PIDANA DAN PERDATA SILAHKAN MENGUNJUNGI sipp.pn-tanahgrogot.go.id ********

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


 
 
 

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN NEGERI TANAH GROGOT ******** UNTUK MENELUSURI PERKARA PIDANA DAN PERDATA SILAHKAN MENGUNJUNGI sipp.pn-tanahgrogot.go.id ********
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech