Selama datang di Website Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Website ini dilengkapi Akses difabel silahkan blok tulisanya dan klik ikon untuk mendengakan   Click to listen highlighted text! Selama datang di Website Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Website ini dilengkapi Akses difabel silahkan blok tulisanya dan klik ikon untuk mendengakan Powered By GSpeech
w3c
Bahasa
Logo Pengadilan Negeri Tanah Grogot Kelas II

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanah Grogot Kelas II

Jln. Jenderal Sudirman No. 19 Tanah Grogot, Kalimantan Timur, Kode Pos 76211

Telp. (0543) 21012, 21155 E-mail : pn_tanahgrogot@yahoo.com

SIPPSIWASDelegasiPerpustakaan


Logo Artikel

KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Negeri Penajam

 

Pada Hari Senin tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali,. S.H., M.H telah meresmikan operasionalisasi ke - 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia.

Ke - 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu :

  • 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri
  • 50 (lima puluh) Pengadilan Agama
  • 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah, dan
  • 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. 

Diantara 85 Pengadilan yang baru dibentuk tersebut salah satunya adalah Pengadilan Negeri Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, yang mulai efektif beroperasi mulai hari seni tanggal 29 Oktober 2018. Sementara ini masih memiliki keterbatasan sarana dan prasarana dalam operasionalnya. Untuk prasarana gedung kantor Pengadilan Negeri sementara gedungnya berstatus pinjam pakai dengan Kemekumham setempat, yang beralamat di Jalan Povinsi KM4 – Penajam – PPU. Tujuan dibentuknya Pengadilan Negeri Penajam adalah agar lebih memudahkan bagi masyarakat penajam khususnya untuk mendapatkan layanan hukum, dan keadilan.

Sebelumnya kabupaten Penajam Paser Utara dengan Penajam sebagi ibu kotanya termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Tanah Grogot di Kabupaten Paser, padahal antara Kabupaten PPU dengan Kabupaten Paser terpisah jarak yang lumayan jauh. Dua Kabupaten tersebut kalau ditempuh dengan transportasi darat kurang lebih 3 jam, sehingga masyarakat yang berdomisili di PPU untuk bisa datang ke Pengadilan Negeri Tanah Grogot harus berangkat pagi-pagi hari untuk bisa mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Tanah Grogot berada. Sekarang dengan berdirinya Pengadilan Negeri Penajam, maka masyarakat yang tinggal di Kabupaten PPU tidak perlu lagi harus jau-jauh untuk datang ke Pengadilan.

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M Hatta Ali, S.H., M.H mengatakan bahwa terbentuknya pengadilan baru semata  - mata ditujukan untuk berdiirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalamai pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. Kendala geografis di wilayah –wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke Pengadilan, baik karena jarak antara pengadilan dengan tempat tinggal para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat , laut maupun udara sehingga pada daerah – daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadilan memerlukan perjuangan sangat berat dan biaya yang cukup berat.

Dengan adanya Pengadilan Negeri Penajam yang baru masyarakat Penajam Paser Utara dengan domisili jauh tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke Pengadilan Negeri Tanah Grogot karena waktu tempuh menjadi relatif singkat. dan juga memaksimalkan pelayanan Mahkamah Agung kepada masyarakat pencari keadilan. Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu seluruh Pengadilan yang baru dibentuk harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan anggaran untuk membangun kantor pengadilan secara bertahap.

 

pn penajam1

 

pn penajam2

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN NEGERI TANAH GROGOT ******** UNTUK MENELUSURI PERKARA PIDANA DAN PERDATA SILAHKAN MENGUNJUNGI sipp.pn-tanahgrogot.go.id ********

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


 

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN NEGERI TANAH GROGOT ******** UNTUK MENELUSURI PERKARA PIDANA DAN PERDATA SILAHKAN MENGUNJUNGI sipp.pn-tanahgrogot.go.id ********
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech